Vinda Purnamawati

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang

FIKES UMM (S1 Dan Ners)

August 26th, 2016 by Vinda Purnamawati

Logo-UMM_1-1024x393

Selamat pagi teman-teman. Kali ini saya akan membahas tentang Jurusan saya, yaitu Keperawatan.Dimana Perawat adalah seseorang yang telah lulus pendidikan perawat baik di dalam maupun di luar negeri sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. (Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 1239/MenKes/SK/XI/2001 tentang Registrasi dan Praktik Perawat pada pasal 1 ayat 1). Di UMM tersedia 2 macam program studi Keperawatan, yaitu S1 Keperawatan dan D3 Keperawatan. Program studi Keperawatan kuliahnya bertempat di Kampus II tepatnya di Jalan Bendungan Sutami 188A, Malang. Sedangkan jurusan saya adalah S1 keperawatan dimana perkuliahan lebih lama dibanding dengan D3 perawat karena S1 perawat harus menjalani kuliah pendapatan gelar kurang lebih 1 tahun setengah.

Program Studi Ilmu Keperawatan FIKES UMM berdiri berdasarkan SK Mendiknas RI Nomor: 3368/D/T/2006, Status Terakreditasi BAN-PT No. 025/BAN-PT/Ak-XII/S1/VIII/2009. Program studi Ilmu Keperawatan FIKES UMM bertujuan meluluskan sarjana keperawatan yang professional dan kompeten di bidang keperawatan dengan memiliki kekokohan intelektual, kedalaman spiritual, moral yang tinggi, ketrampilan Keperawatan yang handal dengan kemampuan tambahan dalam bidang Perawatan Gawat Darurat dan Keperawatan Komunitas sehingga mampu berkompetisi di era global. https://destyaaryani.wordpress.com/2012/08/08/tentang-universitas-muhammadiyah-malang-fakultas-ilmu-keperawatan/

Keunggulan  :

  1. Prodi Keperawatan UMM (S1 Dan Ners) sudah terakreditasi B
  2. Staff dosen yang profesional dengan kualifikasi Magister Keperawatan dan Spesialis Keperawatan Maternity, Community, Infant and Children, Management, Medical Surgical serta Mental Health yang berasal dari Flinders University Australia, Kasetsart University Thailand dan universitas-universitas terkemuka di Indonesia.
  1. Kurikulum perkuliahannya menggunakan sistem blok. Sistem ini dapat mempercepat masa studi yang hanya berlangsung selama 3,5 tahun dengan mata kuliah yang beban SKSnya antara 4-5 dapat terselesaikan dalam jangka waktu 5 minggu, sedangkan mata kuliah lain yang memiliki beban SKS sebesar 6-7 dapat terselesaikan selama 7 minggu.
  2. Program pembelajarannya diselenggarakan di kelas, laboratorium keperawatan yang berbasis IT, serta early exposure ke rumah sakit dan komunitas sebagai upaya untuk menambah keterampilan dalam mempersiapkan Program Profesi Keperawatan nanti.

Fasilitas yang dimiliki FIKES UMM

  1. Hotspot
  2. Perpustakaan Kampus 2
  3. Lahan Parkir
  4. UMM Medical Center
  5. Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Malang
  6. Masjid Bedjo
  7. DLL

Ituah informasi mengenai FIKES dan Prodi S1 dan Ners Universitas Muhammadiyah Malang, semoga bermanfaat dan kurang lebihnya informasi saya mohon maaf. Assalamualaikum ^*^

 

Posted in Uncategorized

Leave a Comment

Please note: Comment moderation is enabled and may delay your comment. There is no need to resubmit your comment.